APPLICATION SERVICE LIBRARY
Nama : Refky Ahmad Fauzi
Npm : 16116136
APPLICATION
SERVICE LIBRARY
Aplikasi
Layanan Perpustakaan (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik
terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen,
disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah
"perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku
yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan
dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia dalam bahasa
Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
ASL erat
terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL (Manajemen
Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model (CMM).
Kerangka
ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI,
terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu itu, ITIL tidak
memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan
dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi
dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah
kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
ASL
dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda, awalnya sebagai
model R2C proprietary, yang berkembang menjadi ASL pada tahun 2000. Pada tahun
2001 itu disumbangkan oleh IT Service Provider PinkRoccade ke ASL Foundation,
sekarang ASL BiSL Foundation. Versi ASL2 diterbitkan pada tahun 2009.
Cakupan
ASL
ASL2 ini
dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan alat-alat.
Dua kategori utama bantu didefinisikan:
Deskripsi
dari proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan praktek-praktek
terbaik terminologi standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik yang
berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama.
Tujuan
dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.
Ada 4
proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan
mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster
ini adalah:
· Use Support
· Configuration Management
· IT Operation Management
· Continuity Management
Framework
ASL
Proses
dalam rangka ASL dapat dibagi sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.
Apakah sudut pendekatan 'layanan' atau 'aplikasi'?
2.
Apakah proses operasional, taktis atau strategis terlibat?
aplikasi
manajemen digambarkan sebagai manajemen pemeliharaan, peningkatan dan renovasi
aplikasi dengan cara suara-ekonomi bisnis. Itu Prinsip kunci di sini adalah
untuk mendukung proses bisnis menggunakan sistem informasi untuk siklus hidup
dari proses bisnis.
Dua
sudut pandang penting dapat dibedakan di sini:
Yang
pertama adalah perspektif 'mendukung proses bisnis menggunakan sistem
informasi'. Ini berarti menjaga aplikasi dan berjalan dan memastikan bahwa
mereka mendukung organisasi kegiatan sehari-hari. Secara praktis, ini
melibatkan menyediakan layanan terus menerus dengan membuat perusahaan
kesepakatan tentang tingkat layanan dan memulihkan tingkat layanan yang
disepakati secepat mungkin jika penyimpangan ditetapkan; menciptakan tingkat
tinggi aksesibilitas bagi pertanyaan dan komentar dari klien tentang layanan;
mencegah gangguan dan memfasilitasi layanan baru dengan menanggapi sebagai
layanan ICT penyedia dalam waktu yang baik. Fokusnya adalah karena pada
layanan, layanan yang disediakan dan yang (bersama-sama dengan manajemen
infrastruktur) memfasilitasi penggunaan aplikasi. Dalam hal ini biaya umum
jumlah 10 - 20% dari biaya keseluruhan manajemen aplikasi.
Tiga
tingkat dibedakan: operasional, taktis dan strategis.
Tingkat
operasional mengakui dua kelompok proses:
· 'pemeliharaan' dari aplikasi: proses
yang memastikan ketersediaan optimum aplikasi saat ini sedang digunakan untuk
mendukung proses bisnis dengan minimal sumber daya dan gangguan dalam operasi.
· 'tambahan / renovasi' aplikasi: proses
yang beradaptasi aplikasi dengan keinginan baru dan persyaratan dalam
menanggapi perubahan organisasi dan lingkungannya. yang diperlukan penyesuaian
dilakukan terhadap perangkat lunak, model data dan dokumentasi.
Cluster
proses di tingkat strategis adalah:
· Organisasi Manajemen Siklus (OCM):
proses yang bertujuan untuk mengembangkan visi masa depan organisasi jasa ICT
dan menerjemahkan visi yang menjadi kebijakan untuk pembaruan nya.
· Aplikasi Cycle Management (ACM):
proses yang berfungsi untuk membentuk strategi jangka panjang untuk berbagai
aplikasi yang sesuai dalam keseluruhan penyediaan informasi organisasi dalam
kaitannya kebijakan jangka panjang organisasi.
http://informasi-disini.blogspot.co.id/2016/05/application-service-library.html
Komentar
Posting Komentar