Sejarah Perkembangan Sistem Informasi & Teknologi Informasi
SEJARAH
PERKEMBANGAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Nama : Refky Ahmad Fauzi
Npm : 16116136
Dosen : Arbi Pramana
·
Sejarah
Perkembangan Sistem dan Teknologi Informasi
Banyak dikalangan masyarakat yang belum mengetahui
definisi dan perbedaan tentang Sistem informasi dengan Teknologi Informasi.
Sistem informasi menurut Gordon B. Davis
ialah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data
sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
Sedangkan teknologi informasi menurut Kenneth
C.Loudon, teknologi informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh para
manajer untuk mengatasi perubahan (perubahan informasi yang telah diolah dan
dibuat sebelumnya dalam penyimpanan komputer) yang terjadi. Jadi teknologi
memanfatkan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah,
menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.
·
Sejarah
Teknologi Informasi
Manusia telah hidup semenjak 209 ribu tahun yang
lalu, semenjak dari itu manusia terus berkembang dan mulai berkomunikasi
terhadap sesama manusia. Komunikasi menjadi satu alat yang sangat penting bagi
perdaban manusia, dan untuk berkomunikasi manusia atau mahluk lainnya pun butuh
sesuatu yang sama-sama dimiliki yaitu bahasa. Bahasa yang sama dan dimengerti
oleh satu sama lain, tidak pernah berubah tetapi terus berkembang sejalan
dengan intelektualitas manusia yang semakin meningkat. Bahasa dapat berupa
angka, alfabet, simbol. maupun isyarat. Sudah banyak bukti tentang bahasa(cara
berkomunikasi) yang ditunjukkan pada peninggalan sejarah. Walaupun mungkin
manusia memiliki bahasa yang berbeda disetiap lingkungan, tetapi bahasa tetap
mempunyai satu fungsi yang sama yaitu menyatukan dan memajukan masyarakatnya.
Bahasa terus berevolusi dari bahasa yang digunakan untuk konteks lingkungan
yang kecil seperti desa sampai menjadi bahasa nasional yang menjadi bahasa utama
atau wajib setiap negara.
Dengan masyarakat yang semakin menyadari pentingnya
komunikasi, banyak para inventor yang membuat alat komunikasi seperti pada
tahun 1876 Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.
Lalu pada tahun 1877
Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan secara
umum. Dari eksistensi telepon yang pada zaman dahulu hanya tersedia di
institusi pemerintahan atau perkantoran, sampai mulai digunakan untuk setiap
rumah, hingga sekarang ini digunakan oleh setiap orang. Dari yang cara
penggunaanya menghubungi operator kepada siapa kita akan melakukan panggilan,
sampai mulai menggunakan nomer telepon masing-masing. Dari yang cara
penggunaanya diputar, lalu ditekan, sampai disentuh.
Pada tahun
itu juga fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan olehEdweard
Maybridge. Pada tahun 1899 telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape
(pita) magnetis untuk yang pertama. Dan memberikan inspirasi pada Zvorkyn untuk menciptakan tabung TV
(Televisi) yang pertama pada tahun 1923.
Dan internet pertamakali diciptakan oleh ARPANET
tahun 1969.
Pada 1972 Ray Tomlinson menciptakan aplikasi surat elektrolik yang
pertama, lalu pada 1982 kata “email” pertamakali digunakan. Email digunakan untuk mengirimkan pesan lewat
internet.
Pertukaran informasi dan keterikatan manusia dengan
manusia yang memicu pembuatan komputer. Komputer dibuat untuk membuat kalkulasi
matematikan yang kompleks semjadi mudah dan memudahkan pekerjaan manusia.
Charles Babbage adalah Bapak Komputer, Babbage adalah orang pertama yang
membuat komputer, sedangkan Alan Turing
adalah Bapak Komputer Modern, Turing membuat komputer modern pertama kalinya
untuk membantu Inggris memenangan perang melawan Jerman.
dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi yang
merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software). terus menawarkan berbagai konten yang berupa elektronik yang
dapat dipergunakan di perangkat smartphone dan komputer seperti e-government,
e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dll.
·
Perkembangan
Komputer
Komputer yang pada zaman sekarang ini telah menjadi
barang yang wajib dimiliki dengan memiliki berbagai fungsi dari a sampai z.
Komputer juga telah memiliki perang yang sagat penting bagi perkembangan
global. Peribahasa mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang, maka dari tidaklah
salah jika kita lebih mengenal sejarah dan perkembangan tentang komputer.
1)
Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama adalah Electronic
Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital
elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada
tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John
Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of
Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar,
untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung
hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor.
Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan
berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2. Yang pertama kali
dikembangkan adalah komputer untuk desain pesawat dan peluru kendali. Ilmuwan
yang menggagas konsep pengembangan tersebut adalah Konrad Zuse, seorang
Insinyur asal Jerman.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk
berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci
utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor
unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer
I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika
Serikat dan General Electric.
Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni
instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap
komputer memiliki program kode-biner masing – masing yang berbeda yang disebut
“Bahasa Mesin”(Machine Language).
Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram
dan membatasi kecepatannya.
Karakteristik komputer Generasi I :
a. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa.
b. Komputer
mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
c. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa
mesin.
d. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk
tugas tertentu.
e. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori
utamanya adalah Magnetic Core Storage.
f. Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan
Magnetic Disk.
g. Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang
yang luas.
h. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan
pendingin.
i. Prosesnya
kurang cepat.
j. Daya simpannya kecil.
k. Membutuhkan daya listrik yang besar.
2)
Komputer
Generasi Kedua (1959 – 1964)
Karena generasi 1 berukuran sangat besar maka para
ilmuwan mulai mengembangkan teknologi resistor. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi resistor ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini
adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun
1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua
untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer
dan , bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada
komputer.
Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga
yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi
ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400,
dan 1600.
Karakteristik Komputer Grenerasi II:
a. Memiliki transistor dibanding dengan tabung.
b. Memiliki sistem penyimpanannya sendiri. Yaitu,
Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage dan menggunakan
simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
c. Tidak lagi menggunakan bahasa assembly
d. Transistor yang banyak menghasilkan panas yang
cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer
yaitu quartz rock (batu kuarsa).
3)
Komputer
Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Karena Komputer Generasi II menggunakan transistor
yang membuat komputer menjadai cepat panas, maka pada generasi ketiga ini para
pengembang mulai meninggalkan resistor. Komputer generasi ketiga muncul sejak
era 1964-1970an.
Jack Billy pada 1958, menciptakan komponen yang
lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi.
Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak
komponen menjadi satu.
Karakteristik komputer generasi ketiga adalah:
a. Karena menggunakan IC maka kinerja komputer
menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari
komputer generasi pertama.
b. Peningkatan dari sisi software.
c. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan
ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
d. Menggunakan media penyimpanan luar disket
magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random
access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
e. Penggunaan listrik lebih hemat.
f. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
g. Telah menggunakan terminal visual display dan
dapat mengeluarkan suara
h. Harganya semakin murah.
i. Kemampuan
melakukan komunikasi dengan komputer lain.
Produk Komputer Generasi III adalah IBM S/360,
UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC
3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital
Equipment Corporation)
4)
Komputer
Generasi Keempat (1979 – 2000an)
Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC
kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba
melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat
menampung ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap
sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI)
yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI
merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC
yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan
persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan
menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu
hingga ratusan ribu IC.
Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang
menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori
komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core
storage. Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit
yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan
berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per
detik.
Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan
mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya
mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan
umum pertama.
Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk
kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat
dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan
pengalamatan yang lebih besar.
Karakteristik Komputer Generasi IV:
a. Tampilan monitor masih satu warna (green color).
b. Adanya mikrocomputer.
c. Tidak satupun yang PC-Compatible atau
Macintosh-Compatible.
d. Muncul istilah PC (personal Computer).
e. komputer sudah memiliki Large Scale Integration
(LSI)
.Produk Komputer Generasi IV adalah IBM 370, Apple I
dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel
8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan
bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction
Code).
5)
Komputer
Generasi Kelima (Sekarang)
Komputer Generasi Kelima
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar
terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya
manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih
dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori
oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Dan
dilanjutkan dengan munculnya Smartphone.
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah
komputer yang kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan
munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan
microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan
munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor
di antaranya adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di
pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004,
8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel
Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada
produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki
Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.
Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang
merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.
Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel
dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari
sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility
dengan software 32 bit.
Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor
386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi
informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan
masih yang berbasis 32 bit.
Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya
menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin
canggih.
Karakteristik Komputer Generasi V:
a. Resolusi gambar yang bagus
b. Komputer 32 bit dan 64 bit.
c. Teknologi AI (Artificial Inteligence)
d. Munculnya Smarphone.
e. Berbasic GUI (Graphical User Interface)
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan
pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan
menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik
sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi
kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan
134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000
transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta
transistor.
Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan
keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta
untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan
pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
·
Perangkat
Komputer
a)
Monitor
Monitor ini mmpunyai fungsi sbagai alat output yaitu
tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa
informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.
b) CPU
(Central Processing Unit)
CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja
computer dengan kata lain yaitu sbagai tempat mengatur semua instruksi program
pada komputer & sbagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
c) Printer
Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti
tulisan, gambar/foto pada kertas.
d) Scanner
Scanner ini seperti mesin fotocopy & berfungsi
untuk mengkopy data objek & dipindahkan kedalam memory komputer &
hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.
e) Mouse
Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor /
pointer pada layar komputer secara cepat.
f) Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan
file & membuka file.
g) Speaker
Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik
dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.
h) Modem
Modem berfungsi alat komunikasi dua arah & saat
ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
i)
Stabilizer
Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan
listrik apabila voltase listrik turun.
j)
Harddisk
Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer &
penyimpanan Operation System (OS) serta sbagai alat booting komputer.
k) RAM
/ Modul Memori
Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan
proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama
lebih cepat.
l)
Power Supply
Power Supply berfungsi sbagai penghantar arus
listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.
m) Kabel
Data
Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau
menerima data komputer.
n) Kabel
VGA
Fungsi kabel VGA untuk menampilkan out put / hasil pengolahan data komputer
& selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.
o) Fan
/ Kipas
Fungsi fan adalah sbagai pendingin perangkat komputer,
seperti processor, harddisk
p) LAN
Card
Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer
satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN
q) Motherboard
Fungsi Motherboard / Mobo sbagai wadah / papan
sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang
memiliki chip bios, jalur-jalur & juga konektor sbagai penghubung dari
masing-masing perangkat yang terpasang.
r) Processor
Fungsi processor untuk merespon & mengolah
segala intruksi yang menghidupkan komputer.
s) Headsets
Fungsi headsets untuk mendengarkan suara &
berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.
t) Microphone
Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara
& mengubahnya menjadi arus listrik.
u) CD-Room
Fungsi Cd-Room sbagai tempat untuk proses burning,
copy CD & install software menggunakan CD/DVD.
v) CD
/ DVD
Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data
w) Flashdisk
Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data
x) Webcam
Fungsi Webcam sbagai alat bantu pada komputer
misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.
y) Joystick
Fungsi joystick sbagai alat bantu untuk memainkan
permainan / game.
z) Video
Adaptor atau GPU
Fungsi Video Adaptor sbagai penghubung peralatan
proses data dengan peralatan output berupa layar monitor & juga dapat
memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi
& kualitas warna yang terbaik & juga dapat mempercepat kinerja software
Operation System.
aa) Sound
Card
Fungsi Sound Card sbagai penghubung output audio ke
speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.
bb) UPS
Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik
tambahan
·
Pemanfaatan
Sistem/ Teknologi Informasi
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa
sistem/teknologi informasi yang saling berkaitan memiliki kunci penting bagi
peradaban umat manusia. Sekarang setiap orang makin banyak yang memanfaatkan
teknologi disegala bidang untuk meningkatkan efsiensi, efektifitas, dan juga
meningkatkan pendapatan. Maka dari itu kita akan membahas pemanfaatan
sistem/teknologi informasi.
1). Bidang Bisnis dan Ekonomi
Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan
dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia.
IT dapat
memperluas pangsa pasar.
IT dapat
meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
IT dapat
mengurangi biaya produksi dan operasional.
IT dapat
memberikan keunggulan kompetitif.
IT dapat
memberikan peluang bisnis baru.
e-Commerce
e-Money
2).
Bidang Pendidikan
Pendidikan sangatlah penting untuk memprsiapkan
generasi muda dimasa mendatang, mengedukasi generasi muda adalah kunci
keberhasilan, mak dari itu banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi untuk
menunjang para muridnya.
e-Library
e-Learning
virtual
class
Internet
yang akan membantu tugas murid
3).
Bidang Politik
Teknologi informasi juga dimanfaatkan dalam bidang
politik seperti saat mengkampanyekan calon gubernur atau presiden, dan pada
saat pemilihan presiden. Pada pemilihan presiden teknologi informasi ddigunakan
untuk mendata calon pemilih baik yang berada didalam ataupun diluar negeri,
seperti pemilihan online. Adapun juga berbagai lembaga yang melakukan Quick
Count dalam perhitungan isi suara pemilihan presiden.
4).
Bidang Pemerintahan
Pernah mendengah e-Goverment? itu merupakan produk
dari pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah pusat maupun daerah agar
dapat lebih dekat dengan masyarakatnya. Dan juga adanya e-KTP yang dimaksudkan
untuk mendata semua warga negaranya secara elektronik agar semua datanya dapat
diback-up, tidak akan terjadi double data, dan juga lebih efisien dan hemat
kertas dan ruang.
5).
Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi banyak
dimanfaatkan untuk mendata pasien hingga menjadi alat untuk memeriksa pasien,
seperti alat USG yang merupakan komputer. Sekarang banyak situs – stus didunia
maya yang berguna untuk mengkonsultasikan kesehatan, adapun juga
aplikasi-aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit.
6).
Bidang Industri
Dalam industri, teknologi informasi sangat akan
membantu operasional sebuah pabrik. Seperti absensi elektronik, mesin-mesin,
pekerja, distribusi, hingga penggajian para pekerja.
·
Perkembangan
Perangkat Keras & Perangkat Lunak
Sebuah komputer terdiri dari perangkat keras dan
perangkat lunak. Hardware dan Software sangat terikat karena bila kurang satu
saja komponen dari hardware maupun sofware maka komputer tidak akan bekerja
secara maksimal
a.
Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik
komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Lebih
jelasnya Perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan
disentuh oleh manusia.
Berdasarkan kegunaannya, Perangkat keras komputer
terbagi atas :
1.
Peralatan Input
Peralatan input atau peralatan masukan berfungsi sebagai
alat untuk memasukkan (input) data dan program ke dalam komputer untuk diproses
menjadi informasi atau keluaran.
Peralatan input dapat dibedakan seperti berikut:
a. Keyboard (papan ketik)
Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada
setiap komputer. Keyboard adalah sebuah papan yang berisi tombol tekan yang
dapat menghasilkan karakter di monitor sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol
mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar
ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom
ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah
hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.
1. Function
key ditandai dari F1,F2 sampai dengan F12
yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan perintah yang dijalankan.
2. Cursor
key digunakan untuk menggerakkan kursor.
3. Numerical
key atau juga dissebut keypad merupakan tomboltombol angka yang susunan dan
fungsinya seperti tombol pada kalkulator, biasanya juga disebut tombol
kalkulator.
4. Enter
untuk mengeksekusi perintah, mengakhiri pengetikan dan pindah ke baris
berikutnya.
5. ESC
tombol untuk membatalkan perintah.
6. Backspace
tombol untuk menghapus karakter / huruf di sebelah kiri kursor.
7. Del/Delete
tombol untuk menghapus karakter / huruf pada posisi kursor.
8. Ins/Insert
tombol untuk menyisipkan karakter / huruf.
9. Ctrl
dan Alt tombol yang bila ditekan bersama tombol lain akan memiliki fungsi
tertentu.
10. Shift
digunakan dengan tombol lain untuk mengetikkan karakter symbol yang ada di
tombol dan untuk menghasilkan huruf capital.
11. Capslock
tombol mode untuk huruf capital.
12. Tab
tombol untuk memindah kursor ke tanda tab (tabulasi).
13. PageUp
dan PageDown tombol untuk menggulung naik dan turun satu layar.
14. Home
tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada awal baris.
15. End
tombol untuk mengarahkan kursor menuju pada akhir baris
b. Mouse
Mouse adalah perangkat alat yang digunakan untuk
menggerakkan penunujuk (pointer atau kursor) dengan cepat. Mouse mempunyai
sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya.
Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada
sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik.
Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan
tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya. Sensor mouse ini terdiri dari
sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal. Jenis mouse sebagai berikut,
1. Mechanical (Wheel) mouse, yaitu mouse dapat
bergerak ke segala arah berdasarkan pergerakan bola kecil yang ada di dalam
mouse.
2. Optical mouse, yaitu mouse dengan menggunakan
sensor optic.
3. Laser mouse, yaitu mouse dengan teknologi laser.
4. Wireless mouse adalah mouse yang tidak
menggunakan kabel.
c. Scanner
Scanner (pemindai) adalah alat untuk memindai atau
menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau tulisan menjadi data
digital yang dapat diproses oleh komputer dalam sebuah data digital.
Ada beberapa jenis alat scanner, seperti :
o
Scanner gambar
o
Scanner barcode
o
Scanner sinar-x
o
Scanner cek
o
Scanner logam
o
Scanner Optical Mark Reader (OMR)
o
Scanner 3 dimensi
Scanner sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan cara
memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
v FlatbedPada
pemindai gambar Fladbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu
dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh
gambarnya.
v Automatic
Document Feeder (ADF)Pada pemindai
gambar Automatic Document Feeder (ADF),
kertas diletakkan pada tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh
bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas
bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh
gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic
Document Feeder (ADF) adalah:
o
kecepatannya tinggi, dapat mencapai >
10.000 lembar per jam
o
dapat membaca dua sisi kertas sekaligus
pada saat yang bersamaan dengan imprinter
pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang
telah dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi
Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan
dan manajemen dokumen.
d. Joystick
Joystick (tuas kendali) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke
segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi
ke komputer . Joystick ini umumnya digunakan untuk memasukkan perintah pada dan
sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video game yang di lengkapi lebih
dari satu tombol digunakan untuk
memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick
menyerupai sebuah tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi
dengan tombol-tombol di bagian atas.
e. Trackball
Trackball (bola jejak) adalah piranti penunjuk yang
berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor
gerakan umumnya terdapat pada mouse modern.
Trackball memiliki fungsi yang hampir sama seperti joystick, yaitu untuk
memasukkan perintah pada saat kita memainkan game, trsckbsll ini menyimulasikan
pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan muuse
berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar. Di dalam trackball
ini terdapat bola berukuran cukup besar sehingga ,udah untuk digerakkan.
f. Barcode Reader
Barcode reader adalah alat yang digunakan untuk
membaca kode-kode berbentuk garis-garis
vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk
pelanggan . Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan.
Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan
operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner
mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.
g. Mikrofon
Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk
suara ke dalam komputer.Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara
tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
h. Touch Sreen
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan
yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui
sentuhan. Kita dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang
menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM. Touchscreen ini telah
banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita seperti di HP atau di tablet.
i. Kamera Digital
Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena
tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak‐banyaknya tanpa perlu
takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus.Di samping itu,
file foto digital lebih mudah dipindah salin ke CD atau DVD. Dengan kamera ini
dapat mempermudah kita juga untuk mengambil moment-moment berharga yang kita
lewati kapanpun, dan saat kita berada dimanapun.
j. Kamera Video
Kamera video atau sering disebut camcorder adalah
alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Hasil
rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus.
Hasilnya kemudian dapat kita salin ke CD atau DVD.
2.
Peralatan Proses
Proses merupakan instruksi atau perintah yang
dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta operasi aritmatik
dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat
komputer dikerjakan oleh CPU (Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat).
Selama proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya
sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Proses kerja
komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja
komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari
sejumah komponen. Hasil dari pemrosesan tersebut disimpan dalam media
penyimpanan data. CPU pada komputer mikro disebut dengan micro-processor
(pemroses mikro). Micro¬processor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit
terpadu (integrated circuit) sehingga tak heran kalau istilah processor
seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU.
a. Prosesor
Processor adalah alat utama yang berfungsi mengolah
datasecara digital. Processor sendiri sering disebut sebagai otak dan pusat
pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah
sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan
digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan
perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah
disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain
asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar
pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas
processor. Di Indonesia kita mengenal beberapa merk prosesor, diantaranya
Intel, AMD (Advanced Micro Device), Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, PowerPC dan
Cyrix.
b. RAM ( Random Access Memory )
RAM ( Random Access Memory ) adalah sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan
letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory
(memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal
dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
c. Mainboard
Mainboard atau Motherboard merupakan papan utama
dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur
lalu lintas data dalam sistem mainboard . Pada Mainboard juga terdapat socket
untuk processor, RAM, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu
seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain. Penggunaan jenis
processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.
Fungsi Mainboard adalah mengorganisasikan, mengatur
dan menentukan alat yang terpasang pada komputer, selain itu mainboard juga
sebagai pusat semua perangkat keras komputer / hardware, agar semua perangkat
keras komputer tersebut bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan yang
lain. sebagai contoh: Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard,
mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan
dengan menggunakan motherboard sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.
d. Kartu VGA
Kartu VGA (Video Graph Array) adalah komponen
komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor. Alat ini
berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan
ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga
sangat ditentukan oleh kartu VGA.
e. Kartu Suara
Kartu suarva (Sound Card) adalah suatu perangkat
keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara, merekam suara dan mengolah
suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun
sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari
cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
o
Sound Card Onboard, yaitu sound card
yang menempel langsung pada motherboard komputer.
o
Sound Card Offboard, yaitu sound card
yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah
menggunakan PCI
o
Soundcard External, adalah sound card
yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB
atau FireWire
3.
Alat Penyimpanan
Alat penyimpanan atau storage device adalah
perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data dalam bentuk aslinya (biner).
Penyimpanan sendiri dikategorikan menjadi primer dan sekunder, penyimpanan
primer itu adalah RAM (memory utama) yang menguap. Penyimpanan kedua adalah
penyimpanan permanen yang tidak menguap. Kapasitas dari penyimpanan tersebut
diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte dan terabyte. File dikategorikan
sebagai program file atau data file yang diubah menjadi master file atau
transaksi file. Data itu tetap dalam penyimpanan kedua untuk sementara sebelum
diproses (sejumlah proses) atau bisa menjadi proses yang cepat.
a. Hardisk
Hardisk (Cakram keras) yang biasa disingkat HDD atau hard drive yang disingkat HD adalah
sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi
piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama kali oleh Insinyur IBM, Reynold
Johnson pada tahun 1956. Hardisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan
berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm
(rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Perkembangan hardisk
(Cakram keras) begitu pesat, dulu dari ukuran 0,6 meter dan zaman sekarang
menjadi hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Lalu dahulu yang hanya
berkapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte)
dengan kecepatan 1000 rpm, dengan ukuran standar 3,5 inci. Data yang disimpan
dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik
(non-volatile).
b. CD / DVD – ROM
CD/DVD‐ROM
adalah alat yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Pada awalnya alat ini
hanya bisa membaca data saja. Perkembangan
teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada CD atau
DVD.
c. Flasdisk
USB Flashdisk atau yang lebih sering di sebut
flashdisk adalah alat penyimpanan data memori yang memiliki alat penghubung USB
yang terintegrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa
dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas
penyimpanan data sebuah flashdisk
cukup besar mulai dari ratusan megabyte
hingga beberapa gygabyte yaitu dari
64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini tergantung
dari teknologi memori yang digunakan.
d. Disket
Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat
dari cakram magnetik lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB,
membuat disket tidakbanyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk
beberapa keperluan khusus.
e. Optical Disk
Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD
merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang
berdiameter 15 mm di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB,
sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17 GB. Sehingga saat
ini lebih banyak menggunakan DVD walaupun CD tetap digunakan.
4.
Alat Kontrol
CPU (Central
Prosesing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua fungsi
operasional, yaitu :
o
ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai
pusat pengolah data, dan
o
CU (Control Unit) sebagai pengontrol
kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke
processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage);
apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage,
namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap
untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi
dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan
alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.
Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung
di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar
instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU
akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang
ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah
selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk
ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah
selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage
untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil
pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.
5.
Alat Output
1. Monitor
Monitor atau yang biasa disebut juga screen atau
display adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi
menampilkan perintah, video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer
melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun hasil pengolahan data
secara langsung di dalam layar monitor. Dewasa ini kita mengenal dua jenis
monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal
Display). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi
biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih
tinggi.
Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar
monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer
sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar
cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat).
Ada beberapa jenis atau tipe monitor, tapi dalam kesempatan ini kami hanya
menjelaskan jenis dan fungsi monitor yang paling populer yaitu CRT dan LCD.
2. Printer
Printer adalah alat untuk menampilkan hasil
pengolahan data dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer yang saat ini
beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer
laser. Ukuran kecepatan mencetak printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps
(character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).
3. Proyektor LCD
Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan
objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar
presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD
proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI
lumens, semakin tinggi pula intensitas LCD cahaya yang dipancarkan suatu
proyektorLCD sehingga menampilkan tampilan yang lebih baik.
4. Speaker
Speaker ( pengeras suara ) adalah alat output audio,
berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam
komputer yaitu transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio
(suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk membran untuk
menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara sampai di kendang
telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.
b.
Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
Setelah membicarakan menganai hardware, selanjutnya
kita akan membicarakan tentang software. Setiap komputer memiliki software yang
dapat berupa program atau aplikasi yang digunakan untuk menjalankan komputer.
Software sendiri adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang
diformat kemudian disimpan secara digital.
Ada Augusta merupakan orang pertama yang menulis
perangkat lunak, diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine, merupakan
satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika
Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem
strategi pertahanan. Dan pada tahun 1945
istilah Bug pertama kali muncul. Bug terjadi bila komputer tidak bekerja atau
suatu program mengalami kesalahan, maka para ahli mengatakan mereka sedang
melakukan proses debugging, yang dimaksud adalah mencari sebab kesalahannya.
Evolusi
Perangkat Lunak
1.Era Pioner
(tahun 1950 – 1960)
Penggunaan komputer saat era pioner dilakukan secara
langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era
ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer
berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
ciri-ciri:
o
Proses Batch
o
Distribusi Terbatas
o
Pembuatan Khusus
2. Era Stabil (tahun 1970 – 1980)
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di
gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh
kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan
sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat
lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program
(pemroses) dengan data (yang di proses).
cirir-ciri:
o
Multi User
o
Real Time
o
Database
3. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan
komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan
perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem
yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan
secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang
ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
ciri-ciri:
o
Sistem Tersebar
o
Penanaman Kecerdasan
o
Perangkat Lunak murah
4. Era Modern (tahun 1990 – 2000an)
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di
mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah
komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di
sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon,
TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak
untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap
peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi
telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang
melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang
di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
ciri-ciri:
o
Sistem Desktop
o
Teknologi objek
o
Sistem Pakar
o
Pemrosesan Paralel
o
Jaringan Komputer
·
Klasifikasi
Perangkat Lunak
Klasifikasi perangkat lunak terbagi menjadi
perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
·
Perangkat
Lunak Sistem
perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang
bertugas untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak
aplikasi dapat melakukan tugasnya. Tanpa perangkat lunak sistem perangkat lunak
aplikasi tidak dapat dijalankan.
Perangkat lunak sistem dibagi menjadi:
·
Sistem
Operasi
Sistem Operasi merupakan bagian penting bagi
komputer, dan sistem operasi sendiri merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras / Hardware serta
operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi.
Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki
sistem operasi di dalamnya.
contohnya : Windows, Mac Os, BeOS, DOS, UNIX, LINUX.
Tugas Sistem Operasi:
a. Mengatur User interface
b. Mengoordinasikan perangkat keras dengan perangkat
lunak yang terdapat pada komputer
c. Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk
dalam memori
d. Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data
pada media penyimpananMengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan
lain-lain.
·
Bahasa
Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan instruksi dan aturan
yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk
melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh
komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya
Bahasa Pemrogaman ini dibagi menjadi 3 yaitu:
a. Low Level
Language
Merupakan bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin.
Contoh low level language adalah sebagai berikut.Machine code, merupakan kode
yang disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1) di mana angka biner tersebut
berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin
b. Middle
Level Language
Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah.
Contoh middle level language adalah bahasa C dan C++. Bahasa C dan C++
merupakan compiler untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun
microcontroller.
c. High Level
Language
Merupakan bahasa tingkat tinggi di mana struktur
maupun tata bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contoh
high level language adalah sebagai berikut : Basic, Pascal, FORTRAN, COBOL, dan
Prolog.
·
Utility
merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk
menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Seperti
membantu pengoperasian mesin dalam komputer di antaranya mempersiapkan
pemakaian media disk, membuat duplikat (copy file), membuat atau menghapus
proteksi (keamanan) suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk
yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dan lain-lain.
Contohnya : WinRar, Scandisk, Disk Defragmenter,
Norton Ghost, Tune Up Utilites, Advanced System Care, CC-Cleaner, dll.
·
Perangkat
Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah jenis perangkat
lunak yang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia yang digunakan
untuk mempermudah kegiatan manusia.
·
Aplikasi
Internet
Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan
untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang
berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia
(server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat
lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :
1. HTTP (Hypertext Transfer protocol)
Merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris
kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah
(hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen
(page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan
http di kenal sebagai browser. browser adalah Internet Explore dan Chrome.
2. E-mail
E-mail memungkinkan kita untuk bertukar dokumen satu
sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express dan Gmail.
3. Messenger
Messenger memungkinkan kita untuk komunikasi melalu
teksjuga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam). Contohnya: BBM, LINE.
·
Aplikasi
Office
Aplikasi office adalah aplikasi yang menunjang
pekerjaan kantor seperti pendokumenan, presentasi, dan lamin sebagainya. Aplikasi
office dibagi menjadi:
1.Perangkat lunak pengolahan kata (Word Processing)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan
pengolahan kata, yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan naskah dan berbagai
macam administrasi surat-menyurat. Contoh: Wordstar, Microsoft Word, Amipro,
Word Perfect, OpenOffice.Org Writer.
2. Perangkat lunak pengolahan angka (Spreadsheet)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan
pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka, seperti penggunaan
perhitungan, laporan keuangan, dan grafik. Contoh: Lotus 123, Quatro Pro,
Microsoft Excel, Symphony, Super Calc, OpenOffice.Org Calc.
3. Perangkat lunak pengolahan data (Database)
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan
pengolahan data. Data tersebut dapat berupa angka, kata atau gabungan angka dan
kata. Contoh: dBase, Fox Base, Microsoft Access, OpenOffice.Org Base, dan lain
sebagainya.
4. Perangkat lunak presentasi
Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah suatu data
agar siap dipresentasikan kedalam suatu proses pembelajaran atau seminar.
Contoh: Microsoft Powerpoint, OpenOffice.Org Impress, dan lain sebagainya.
Sumber
https://syifamss.wordpress.com/2016/10/04/sejarah-perkembangan-sistem-dan-teknologi-informasi/
Komentar
Posting Komentar