Keluarga dan peran pemuda

NAMA : Refky Ahmad Fauzi

UNIVERSITAS GUNADARMA

DOSEN : AHMAD NASHER


Defisini fungsi keluarga

Fungsi keluarga menurut Friedman 1998 (dalam Setiawati & Santun, 2008) adalah :
a)    Fungsi Afektif
Fungsi afektif adalah fungsi internal  keluarga sebagai dasar kekuatan keluarga. Didalamnya terkait dengan saling mengasihi, saling mendukung dan saling menghargai antar anggota kelurga.
b)    Fungsi Sosialisasi
Fungsi sosialisasi adalah fungsi yang mengembangkan proses interaksi dalam keluarga. Sosialisasi dimulai sejak lahir dan keluarga merupakan tempat individu untuk belajar bersosialisasi
c)    Fungsi Reproduksi
Fungsi reproduksi adalah fungsi keluarga untuk meneruskan kelangsungan keturunan dan menambah sumber daya manusia.
d)    Fungsi Ekomomi
Fungsi ekonomi adalah fungsi keluarga untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarganya yaitu : sandang, pangan dan papan.
e)    Fungsi Perawatan Kesehatan
Fungsi perawatan kesehatan adalah fungsi keluarga untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan dan merawat anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan.

Peran pemuda dalam keluarga

Keluarga terdiri dari bapak dan ibu (suami dan isteri). Keluarga itu akan berkembang dengan hadirnya anak. Artinya jumlah anggota keluarga akan bertambah. Jadi posisi anak di tengah keluarga tidak berbeda dengan posisi anggota keluarga lainnya, yaitu sama-sama sebagai bagian yang integral, meskipun dalam peran dan fungsinya dibedakan. Misalnya, bapak/ibu sebagai pemimpin yang saling melengkapi dan anak sebagai yang dipimpin (dilindungi).

Dalam peranannya secara prinsip adalah sama, yaitu sama-sama bertujuan menciptakan serta mempertahankan kerukunan dan kesejahteraan keluarga. Baik anak, maupun orangtua memiliki tujuan yang sama itu, meskipun dalam praktisnya bisa berbeda-beda karena pembawaannya. Misalnya, melindungi keluarga bukanlah hanya peran bapak, tetapi ibu juga, bahkan anak pun bertanggungjawan melindungi keluarganya. Dalam artian dalam sebuah keluarga semua anggota memiliki peranan yang penting.

Ada banyak peranan anak di tengah keluarganya. Namun, dari sekian banyak peranan itu, ada sepuluh peran yang disajikan dalam tulisan ini yaitu:

    Menjaga kehormatan, nama baik keluarga dan orangtua
    Memelihara hubungan komunikasi yang baik dengan anggota keluarga.
    Mencintai semua anggota keluarga.
    Menghormati anggota keluarga terutama orangtua.
    Menjalin interaksi keluarga secara sehat dengan dunia sekitar.
    Menanamkan nilai-nilai etika dan nilai moral di tengah keluarga.
    Memelihara nilai spritualitas/kerohanian.
    Mendengar, mematuhi dan menjalankan nasihat yang baik.
    Rajin bekerja, rajin membantu, dan memiliki sensitifitas akan kebutuhan keluarga.
    Menaikkan martabat keluarga, dan banyak lagi peran yang lain.



Sumber : http://ilmugreen.blogspot.co.id/2012/06/fungsi-keluarga.html
                https://percikanairkehidupan.wordpress.com/2011/05/19/peran-pemuda-sebagai-anak-dalam-keluarga/

Kesimpulan :
Keluarga merupakan suatu sistem sosial terkecil yang di dalamnya dapat terdiri dari Ayah, Ibu, dan anak yang masing-masing memiliki peran. Keluarga juga mengajarkan beberapa hal/aspek yang baik yaitu mengenalkan norma dan etika yang berlaku didalam keluarga maupun lingkungan sekitar rumah(masyarakat). Seorang anak melihat, mendengar, dan berpikir dengan bentuk yang khas, tetapi tidak keluar dari logika dan perasaan yang sehat. Saat anak-anak yang beranjak dewasa dan remaja anak ini akan mulai tumbuh kepribadian yang tetap dan akan menemukan jatidirinya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda Mr.Axcel serta Jawabanya

Soal Pilihan Ganda Mr.Word dan Jawabanya.

Spesifikasi Laptop Asus A455L Core i3